Rabu, 04 Januari 2012

Mengapa Anda Harus Menginstal Linux



S
eperti kita ketahui, Linux merpakan sistem operasi yang semakin banyak penggunaannya. Hal ini dikarenakan Linux mempunyai keunggulan yang tidak dimiliki oleh sistem operasi lainnya. Apa saja keunggulan atau ketangguhan yang dimiliki oleh sisem operasi  Linux?

Berikut ini adalah  beberapa keunggulan dan kelebihan yang dimilik oleh Linux sebagai sistem operasi :
  1. Stabil & secure
Jika anda seorang administrator jaringan yang mendambakan suatu sistem operasi yang stabil dan memiliki tingkat sekuritas atau keamanan yang andal, anda dapat menggunakan Linux sebagai sistem operasi pada jaringan yang anda tangani. Hal ini dikarenakan Linux merupakan pengembangan dari sistem operasi UNIX  yang memang pada awalnya diperuntukkan bagi jaringan komputer. Tingkat sekuritas dan stabilitas yang tinggi ini dimungkinkan karena Linux telah dan akan terus dikembangkan oleh banyak programmer andal termasuk para Hacker dari seluruh dunia.
  1. 100% Multitasking
Linux benar-benar mampu menangani dan menjalankan beberapa aplikasi bersamaan secara simultan. Beberapa sistem operasi lain mungkin mengklaim menerapkan sitem multitasking, tapi pada waktu kita melakukan interrupt terhadap suatu job atau task, maka job yang lain pun akan ikut terganggu. Hal ini dikarenakan sebenarnya sistem operasi tersebut tidak benar-benar multitasking tapi dibuat seolah-olah bekerja seperti multitasking. Berbeda halnya pada Linux, jika kita melakukan interrupt terhadap suatu job, maka job yang lain tidak akan terganggu.
  1. 100% Multiuser
Sebagai pengembangan dari UNIX, Linux pun mampu menangani dan melayani lebih dari satu useratau pengguna secara bersamaan. Hal ini menjadikan Linux sangat cocok digunakan sebagai server. Setiap user dapat dikelompokkan ke dalam beberapa group dan diberi hak akses sesuai dengan kebutuhan dan wewenangnya masing-masing.
  1. Menggunakan Swap
Linux mendukung penggunaan swap atau virtual memory. Swap memungkinkan penggunaan ruang pada HardDisk sebagai memory yang akan mendukung kinerja RAM. Ukuran partisi swap yang digunakan adalah dua kali kapasitas RAM yang anda gunakan berukuran 128MB, maka partisi swap yang harus anda buat adalah 256MB.
  1. Mendukung berbagai file system
Beberapa file system yang didukungoleh Linux antara lain adalah FAT 16, FAT 32, NTFS, ISO 9660, HPFS, dan masih banyak lagi. Linux sendiri menggunakan Linux Native Ext2 sebagai file system. Dengan adanya dukungan terhadap beberapa file system maka ketika adna menggunakan Linux sebagai sistem operasi,  anda masih bisa membaca isi file yang terdapat pada partisi sistem opersi lain yang menggunakan file system berbeda. Misalnya waktu anda menjalankan Linux, anda ingin melihat dokumen yang anda siapkan pada partisi waindows (menggunakan  FAT 32 sebagai file system). Yang perlu anda lakukan hanyalah melakukan proses mounting  terhadap partisi yang anda inginkan.
  1. Mendukung berbagai bahasa pemrograman.
Bagi anda yang berkecimpung di dunia TI khususnya software development, anda akan sangat menyukai Linux karena Linux sudah mengintegrasikan beberapa paket bahasa pemrograman seperti java, C/C++, Perl, PHP, dan masih banyak lagi.
  1. Mendukung Shared Library.
Dengan adanya shared library memungkinkan suatu program untuk menggunakan library secara bersama-sama sehingga dapat memperkecil ukuran file executable.
  1. Mendukung TCP/IP
Linux juga mendukung pengimplementasian  TCP/IP  secara penuh. Sehingga anda yang ingin menggunakan Linux  pada jaringan komputer tidak perlu khawatir, karena seluruh komputer pada jaringan anda dipastikan dapat saling terkoneksi dengan baik.
  1. Mendukung Open Source
Sebagai pengguna Linux, anda dapat melihat bahkan mengubah source code dari distro Linux yang anda gunakan tanpa takut dikenai sanksi  terhadap pelanggaran hak cipta. Dukungan terhadap open source inilah yang menjadi ciri khas dari Linux dan menjadikan Linux sebagai sistem operasi  milik bersama. Open source menjadikan Linux mengalami perkembangan yang  relatif lebih cepat dibanding sistem operasi yang lain.
  1. Komunitas yang penuh rasa kebersamaan.
Pengguna Linux yang semakin meningkat dan didasari oleh semangat open source telah memunculkan banyak sekali komunitas-komunitas pengguna bahkan bisa dikatakan sebagai komunitas pencinta Linux dari seluruh dunia. Komunitas ini umumnya menggunakan fasilitas milis dalam bertukar informasi. Komunitas ini bersifat tebuka bagi siapa saja yang tertarik dan mau membagikan pengalamannya dalam menggunakan Linux. Dengan adanya komunitas ini anda tidak perlu takut bila mengalami kesulitan dalam menggunakan dan mengoperasikan Linux (karena mungkin belum terbiasa) karena komunitas ini pasti akan membantu anda. Komunitas Linux di Indonesia juga cukup banyak, anda dapat mencari informasi lebih lanjut.
  1. Linux itu gratis
Dengan menggunakan Linux berarti anda telah menghemat devisa negara karena Linux dapat diperoleh secara gratis. Anda juga dapat memperbaiki citra bangsa kita di mata dunia TI yang terkenal sebagai negara pembajak software, karena software aplikasi pada Linux juga dapat diperoleh secara gratis. Anda dapat meminjam CD instalasi maupun aplikasi dari temam anda dan memperbanyaknya tanpa dituduh sebagai pembajak software 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar